Senin, 30 Maret 2015

Pengendalian Mutu


Pengendalian mutu adalah aplikasi dari berpikir sistemik untuk mengontrol dan untuk masalah membuat sebuah produk pelayanan untuk memuaskan pelanggan setiap waktu.  Metode ini muncul pada saat yang sama dengan metode berpikir sistemik. Pengendalian mutu adalah dasar dari pengetahuan yang termasuk memahami teori sistem. Untuk memahami pengendalian mutu harus memahami bahwa suatu o
rganisasi bekerja sebagai sistem. Bagian – bagiannya berdiri sendiri yang berhubungan.

Pengendalian mutu salah satu yang terpenting dalam management pengembangan bisnis dan perusahaan dalam abad ke 20. Ini adalah salah satu poin penting yang dipakai pebisnis amerika untuk bersaing dengan pesaing global . karena itu pengendalian mutu yang yang sukses dikemas dalam bentuk lain kemudian diambil untuk diterapkan dan disukseskan dalam pendidikan.

Konsep Dasar

Ide dasar dari pengendalian mutu adalah setiap cara, setiap tindakan, setiap langkah pada setiap proses yang terjadi dalam organisasi. Bukan hanya memeriksa hasil akhir,  kita dapat meningktkan secara berkala setiap tindakan dan seluruh langkah dalam prosesnya. untuk meyakinkan sebuah hasil yang lebih aik diwaktu yang lain.

Idenya bahwa kerja bisa dirobohkan dalam proses mendasar pengendalian mutu. Proses ini meliputi integrasi manusia, materi, metode dan mesin. Proses dalam pembuatan sebuah produk terdiri dari variasi dari bagian proses, cara, dan tindakan.

Pengendalian mutu menegaskan bahwa kerja tidak sembarangan. Semua bisa dipelajari, dianalisis dan dibedah dengan pengetahuan. Itu membutuhkan pemantauan dan pengukuran semua yang berjalan dalam organsasi untuk mengukur harga dan mengetahui kebutuhan konsumen. Pemantauan dan pengukuran berfungsi untuk meyakinkan bahwa setiap tindakan adalah yang terbaik yang bisa dilakukan dan agar tidak sekedar menyalahkan atau mengontrol orang dalam berorganisasi.

Pengendalian mutu juga berguna untuk kunci pengendalian biaya. Biaya dapat dikurangi dimana yang tidak efektif dan dialihkan menjadi lebih efektif untuk hasil yang lebih maksimal. Itulah kenapa pengendalian mutu sangat penting pada penyusunan kembali pendidikan. Ini  adalah satu dari lima teknologi karena yang lain tidak dapat dijalankan tanpa ini. Dengan pengendalian mutu kita bisa membuat semuanya terjangkau. Kita tidak mengeluarkan banyak dana untuk hl yang tidak bermanfaat. Karena kita harus tau mana yang bekerja an mana yang tidak dan menyalurkan sumber daya kita untuk pekerjaan apa dan berhenti mengeluarkan uang pada apa yang tidak kita ketahui untuk membuat hasil yang baik.

Pada Awalnya diasana hanyalah variasi

Untuk memahami pengendalian mutu kita harus memahami dulu variasi. Variasi didefinisikan sebgai fakta dimana disana ada dan akan selalu ada perbedaan dalam semua hal.  Dalam pendidikan banyak variasi  dalam sekolahan dan banyak hal lain. Pada orang juga banyak perbedaan dalam berpikir, motivasi kerja, kerja guru dan murid dan sebagainya. Intinya, sederhana seperti yang terdengar dalah sebuah konsep penting dalam pengendalian mutu.

Tujuan dari sebuah orgnisasi adalah untuk berjuang  untuk meningkatkan produk dan pelayanan untuk mengidentifikasi penyebab variasi pada sistem jadi bisa memilih bagaimana bertindak padanya. Mengetahui variasi dapat membuat pimpinan dapat melangkah tepat pada performa dan hasil setiap hari.

Ada dua macam variasi. Yang pertama Dalam sekolah variasi biasanya sagat sederhana karena terjadi secara natural. Seperti murid beajar dengan tingkat berbeda, beda motivasi dan sebagainya. Tidak ada satupun dalam sekolah yang sama persis. Tapi itu bukan masalah karena tanpa adanya perbedaan dunia akan monoton.

Pada tipe lain variasi sangatlah penting. Variasi Penyebab Khusus ini adalah variari yang ada karena sistem penyebab itu ada. Variasi ini terjadi karena sesuatu dari sistem itu maupun proses penggunaan. Contohnya ketika kita menyuruh murid untuk presentasi. Dan ternyata murid kita tidak sempurna dalam penyampaiannya, sehngga banyak yang kurang paham dari situ kita bisa memikirkan banyak kemungkinan ( variasi motivasi dan pemikiran siswa). Jadi lain kali siswa yang tampil bisa kita siapkan jadi lebih baik.

Variasi Penyebab Khusus ini special karena ini adalah khusus sehingga dapat diidentifikasikan atau ditemukan sebab mereka tidak selalu aktif dalam proses tetapi memiliki pengaruh yang lebih kuat pada proses,. Pada hal lain Penyebab Acak sulit untuk dilacak karena penyebab umum ini selalu melekat pada sistem manajemen kualitas, untuk menghilangkannya kita harus menelusuri elemen-elemen dalam sistem itu dan hanya pihak manajemen yang dapat memperbaikinya, karena pihak manajemen yang mengendalikan sistem manajemen kualitas tersebut

Variasi Penyebab Khusus dan Acak di sekolah

Ketika banyak variasi dalam sekolahan karena sebab khusus maka sistem akan tidak stabil dan tidak dapat diprediksi. Dan itu hal normal melihat banyaknya siswa disekolah pada saat ini dan kita tidak dapat menyalahkan murid. Proses sistem itu sendiri yang salah dan perlu diperbaiki dan ditingkatkan.

Kita ambil masalha siswa di keluarkan. Beberapa hal karena perbedaan natural antara beberapa siswa. Ada beberapa yang kurang motivasi dan ketertarikan belajar. Dan ini akan terus berlangsung apapun yang sekolah lakukan. Dan pengendalian mutu berarti kita mencari untuk mengidentifikasi proses dengan sistem yang berkontribusi pada masalah dan dengan sistemik meningkatkan prosesnya.

Sekarang banyak strategi pada sekolahan yang menyalahkan guru dan murid. Jarang ada sistem untuk mengidentifikasi bagaimana memperbaiki itu. Banyak yang memakai cara member hadiah yang diatas rata – rata dan menghukum yang dibawahnya. Hal ini sangat menyedihkan akibat tidak paham perbedaan acak dan variasi khusus pada sekolahan.

memang ada beberapa guru yang lebih baik dari yang lain. Tapi yang terpenting adalha apa yang akan kamu lakukan. Pimpinan yang paham akan perbedaan acak dan variasi khusus akan bertindak secara bijaksana terhadap guru yang bekerja dibawah perform. Dia akan bertanya kenapa guru itu menjadi berbeda. Mungkin guru sedang ada masalah yang mempengaruhi kerjanya. Dan pimpinan akan mencoba membantu mengatasinya. Pimpinan juga mampu mengangkat sampai performa tertinggi dengan alat yang lebih baik dan latihan untuk semuanya.

cara membedakan kita mempunyai perbedaan acak dan variasi penyebab khusus adalah sangat mudah yitu menggunakan diagram yang akan dibahas dibab selanjutnya.

Keberatan untuk menggunaakan pengendalian mutu di sekolahan

Banyak para pengajar atau kepala sekolah yang keberatan dengan alasan mereka tidak bisa menerapkan karena “pabrik menciptakan barang seperti mobil…dan sekolahan berurusan dengan manusia”. Ini adalah alasan yang tidak masuk akal. Karena perusahaan juga berurusan dengan manusia yaitu karyawan. Mulai dari pendidikan, kesehatan dan untuk menolong orang untuk memenuhi targetnya.

Padahalbayak sekali kesamaan antara perusahaan dan sekolahan. Contohnya ketika pengusaha bertemu pelanggan seperti halnya ketika pihak sekolah bertemu dengan orang tua yang mau menyekolahkan anaknya disitu. Untuk meningkatkan hubungan ini maka kami menolong dengan meningkatkan kualitas siswa yang masuk dengan sistem ini.

Banyak pengajar yang takut dengan metode yang fokus pada performa murid dan staf dan meningkatkan ketakutan akan kegagalan dalam jalan yang panjang. Tap dai pengalaman membuktikan bahwa proses yang panjang, penilaian pada kegiatan adalah searah dengan meningkatnya performa. Contohnya artis dan atlet melihat nilainya untuk meningkatkan performanya dengan level latihan sangat tinggi dan panjang. Bagaimanapun penendalian mutu telah meningkatkan bernagaii industri di amerika menjadi industry yang kompetitif yang bicara banyak di Internasional. Karena pada dasarnya pengendalian mutu bukan hanya sekedar peniaian

Kualitas Penyimpanan : mengurangi biaya untuk kualitas buruk

Kualitas rendah dalam pendidikan juga membuang uang. Seperti siswa remidi dan biaya untuk membayar masyarakat agar siswa mendapatkan kemampuan kerja. Banyak dari hal ini membayar karena rendahnya kalitas dalam pembelajaran. sebenarnya banyak cara penghematan atau pengefesienkan dana agar lebih bermanfaat denganberbagai peningkatan atau inovasi.



Benchmarking

Benchmarking adalah salah satu cara yang dapat digunakan sebagai alat untuk fasilitasi produk dan/atau proses perbaikan. Benchmarking juga akan membantu mengindentifikasi siapa yang terbaik kegiatannya pada area yang sejenis dan tindakan apa yang dapat diambil untuk meningkatkan peformance. Pada bisnis dunia bechmarking adalah cara efektif dan sering dipakai untuk meningkatkkan kualitas. Sekolah juga bisa mengadopsi hal tersebut untuk upaya meningkatkan kualitas. Benchmarking adalah suatu proses membandingkan dan mengukur suatu kegiatan perusahaan/organisasi terhadap proses operasi yang terbaik di kelasnya sebagai inspirasi dalam meningkatkan kinerja (performance) perusahaan/organisas Bagaimana sekolah cara menentukan kunci atau rahasia sukses dari sekolah pesaing yang paling unggul, kemudian mengadaptasikan dan memperbaikinya secara lebih balk untuk diterapkan, yang akhirnya akan mengungguli pesaing yang dibenchmarking.. Tapi harus berhati – hati ketika memilih rekan benchmarking karena tipenya sangat banyak sekali. Dan diperjelas apa tujuan akhir yang ingin didapatkan dari benchmarking.



Langkah untuk benchmarking

Benchmarking bukan hanya sekedar membandingkan tapi observasi dan menningkatkan mana yang mungkin dapat ditingkatkan performa sekolah kita. Ada 9 langkah Benchmarking tapi agar lebih ringkas saya buat jadi 6 yaitu:

1.      Identifikasi problem apa yang hendak dijadikan subyek. Bisa berupa proses, fungsi, output dsb.

2.      Identifikasi industri/organisasi/lembaga yang memiliki aktifitas/usaha serupa. Sebagai contoh, jika anda menginginkan mengendalikan turnover karyawan sukarela di perusahaan, carilah perusahaan-perusahaan sejenis yang memiliki informasi turnover karyawan sukarela.

3.      Identifikasi industri yang menjadi pemimpin/leader di bidang usaha serupa. Anda bisa melihat didalam asosiasi industri, survey, customer, majalah finansial yang mana industry yang menjadi top leader di bidang sejenis.

4.      Lakukan survey pada industri untuk pengukuran dan praktek yang dilakukan.Anda bisa menggunakan survey kuantitatif atau kualitatif untuk mendapatkan data dan informasi yang relevan sesuai problem yang diidentifikasi di langkah awal.

5.      Kunjungi ’ best practice’ perusahaan untuk mengidentifikasi area kunci praktek usaha. Beberapa perusahaan biasanya rela bertukar informasi dalam suatu konsorsium dan membagi hasilnya didalam konsorsium tersebut.

6.      Implementasikan praktek bisnis yang baru dan sudah diperbaiki prosesnya. Setelah mendapatkan best practice perusahaan, dan mendapatkan metode/teknik cara pengelolaannya, lakukan proyek peningkatan kinerja dan laksanakan program aksi untuk implementasinya.

Peran baru dari pelanggan

Pembaruan terlihat sangat serius pada pentingnya peran pelanggan. Potensi efek positif dari perusahaan bebas dan kompetisis birokrasi dan sering terkepung sistem sekolah umum yang sangat kuat. Juga adanya jenis baru sekolah pribadi yang menyampaikan pendidikan dalam betuk baru akan menelkan sekolah umum untuk mmeningkatkan kualitasnya. Apalagi sekarang orang dapat menyampaikan pembelajaran dirumah atau lokasi lain. Sekarang komputer juga menolong uuntuk mengakses pembelajaran yang semua orang bisa mendapatkan informasi yang dibutuhkan, sumberdaya yang dibutuhkan, lebih cepat dan mudah. Yang paling penting pada perubahan ini sekarang para orangtua mempunyai lebih banyak kesempatan untuk memilih produk pendidikan dan pelayanan yang sesuai dengan kebutuhannya. Ini mengubah peran dari pelanggan dimana membuatsebuah persoalan dalam bertahan untuk bisnis amerika. Ini akan menjadi kritik untuk pendidikan.

Sekolah Maya

Sekolah Virtual. Virtual School, saat ini telah menjadi perbincangan hangat di Guraru. laulu apa sesunggunya virtual school itu, bagaiamana menngunakannya dan apa manfaat virtual school untuk pendidikan. Virtual School adalah, Sebuah sekolah maya atau cyber-sekolah menggambarkan sebuah institusi yang mengajarkan mata kuliah seluruhnya atau terutama melalui metode online. Sekolah virtual adalah sebuah platform pembelajaran online yang ditawarkan oleh sebuah organisasi pendidikan dimana individu dapat memperoleh kredit di daerah tertentu yang menarik yang dapat dihitung terhadap kelulusan atau kemajuan naik kelas. 

Satu dari kunci perencanaan sekolah maya adalah pengembangan yang mellibatkan teknologi untuk mendukung pembelajaran dimanapun dan kapanpun. Berarti seseorang harus mengembangkan beberapa sistem manajemen pembelajaran yang canggih. Yang menenuntut dan mendorong siswa untuk mendisain rencana pembelajarannya sendiri . melalui manfaat pembelajaran canggih dan software yang mendukung siswa dapat bertanggung jawab pada dirinya pada tugas dari gurunya. Siswa dapat mengakses jariingan informasi canggih dan mengumpulkan data pimpinan yang diminta kemudian menganalisa kekurangan siswa pada bagian yang diminta. Kemudian sistem bisa mengikuti siswa untuk memperbaiki kekurangan dengan metode pembelajaran yang tepat bagi siswa.

Mengukur kepuasan pelanggan melibatkan proses yang ilmiah dan secara rutin daripada hanya survey yang dikirim dirumah seperti yang terjadi sekarang . karena survey tidak dapat memenuhi mengukur kepuasan pelanggan dalm pengendalian mutu karena tidak bisa mengerti kenapa gagal dan kenapa bisa gagal. Mengukur kepuasan menggunakan survey dan quisoner tapi berbeda hanya dengan dirancang untuk kepuasan pelanggan tertentu dan kelompok grup tertentu. Jadi survey yang dilakukan dirancang dengan pertanyaan yang mendetail tentang apakah yang dirasakan dari sekolahan.

1 komentar:

  1. Merkur 3D Merkur 3D merkur 4D Safety Razor
    › › Merkur Safety Razors › › Merkur Safety Razors Merkur Heavy Duty Double Edge Safety Razor. Merkur - 10/2/2021 - 바카라 사이트 9/2/2021 - 11/2/2021 - Open Comb Double Edge Safety Razor (90  Manufacturer: 인카지노 Muhle, Germany Weight: 1.75 Pounds Rated: Grade: Gluten Free Rating: 4.7 13 reviews 메리트 카지노 주소 $62.50 In stock

    BalasHapus

Sialahkan Ungkapkan Perasaan Kalian