Pengendalian mutu
adalah aplikasi dari berpikir sistemik untuk mengontrol dan untuk masalah
membuat sebuah produk pelayanan untuk memuaskan pelanggan setiap waktu. Metode ini muncul pada saat yang sama dengan
metode berpikir sistemik. Pengendalian mutu adalah dasar dari pengetahuan yang
termasuk memahami teori sistem. Untuk memahami pengendalian mutu harus memahami
bahwa suatu o
rganisasi bekerja sebagai sistem. Bagian – bagiannya berdiri sendiri yang berhubungan.
rganisasi bekerja sebagai sistem. Bagian – bagiannya berdiri sendiri yang berhubungan.
Pengendalian mutu salah
satu yang terpenting dalam management pengembangan bisnis dan perusahaan dalam
abad ke 20. Ini adalah salah satu poin penting yang dipakai pebisnis amerika untuk
bersaing dengan pesaing global . karena itu pengendalian mutu yang yang sukses
dikemas dalam bentuk lain kemudian diambil untuk diterapkan dan disukseskan
dalam pendidikan.
Konsep Dasar
Ide dasar dari
pengendalian mutu adalah setiap cara, setiap tindakan, setiap langkah pada
setiap proses yang terjadi dalam organisasi. Bukan hanya memeriksa hasil akhir, kita dapat meningktkan secara berkala setiap
tindakan dan seluruh langkah dalam prosesnya. untuk meyakinkan sebuah hasil
yang lebih aik diwaktu yang lain.
Idenya bahwa kerja bisa
dirobohkan dalam proses mendasar pengendalian mutu. Proses ini meliputi
integrasi manusia, materi, metode dan mesin. Proses dalam pembuatan sebuah
produk terdiri dari variasi dari bagian proses, cara, dan tindakan.
Pengendalian mutu
menegaskan bahwa kerja tidak sembarangan. Semua bisa dipelajari, dianalisis dan
dibedah dengan pengetahuan. Itu membutuhkan pemantauan dan pengukuran semua
yang berjalan dalam organsasi untuk mengukur harga dan mengetahui kebutuhan
konsumen. Pemantauan dan pengukuran berfungsi untuk meyakinkan bahwa setiap
tindakan adalah yang terbaik yang bisa dilakukan dan agar tidak sekedar
menyalahkan atau mengontrol orang dalam berorganisasi.
Pengendalian mutu juga
berguna untuk kunci pengendalian biaya. Biaya dapat dikurangi dimana yang tidak
efektif dan dialihkan menjadi lebih efektif untuk hasil yang lebih maksimal. Itulah
kenapa pengendalian mutu sangat penting pada penyusunan kembali pendidikan.
Ini adalah satu dari lima teknologi
karena yang lain tidak dapat dijalankan tanpa ini. Dengan pengendalian mutu
kita bisa membuat semuanya terjangkau. Kita tidak mengeluarkan banyak dana
untuk hl yang tidak bermanfaat. Karena kita harus tau mana yang bekerja an mana
yang tidak dan menyalurkan sumber daya kita untuk pekerjaan apa dan berhenti
mengeluarkan uang pada apa yang tidak kita ketahui untuk membuat hasil yang
baik.
Pada Awalnya diasana
hanyalah variasi
Untuk memahami
pengendalian mutu kita harus memahami dulu variasi. Variasi didefinisikan
sebgai fakta dimana disana ada dan akan selalu ada perbedaan dalam semua hal. Dalam pendidikan banyak variasi dalam sekolahan dan banyak hal lain. Pada
orang juga banyak perbedaan dalam berpikir, motivasi kerja, kerja guru dan
murid dan sebagainya. Intinya, sederhana seperti yang terdengar dalah sebuah
konsep penting dalam pengendalian mutu.
Tujuan dari sebuah
orgnisasi adalah untuk berjuang untuk
meningkatkan produk dan pelayanan untuk mengidentifikasi penyebab variasi pada
sistem jadi bisa memilih bagaimana bertindak padanya. Mengetahui variasi dapat membuat
pimpinan dapat melangkah tepat pada performa dan hasil setiap hari.
Ada dua macam variasi.
Yang pertama Dalam sekolah variasi biasanya sagat sederhana karena terjadi
secara natural. Seperti murid beajar dengan tingkat berbeda, beda motivasi dan
sebagainya. Tidak ada satupun dalam sekolah yang sama persis. Tapi itu bukan
masalah karena tanpa adanya perbedaan dunia akan monoton.
Pada tipe lain variasi
sangatlah penting. Variasi Penyebab Khusus ini adalah variari yang ada karena
sistem penyebab itu ada. Variasi ini terjadi karena sesuatu dari sistem itu
maupun proses penggunaan. Contohnya ketika kita menyuruh murid untuk
presentasi. Dan ternyata murid kita tidak sempurna dalam penyampaiannya,
sehngga banyak yang kurang paham dari situ kita bisa memikirkan banyak
kemungkinan ( variasi motivasi dan pemikiran siswa). Jadi lain kali siswa yang
tampil bisa kita siapkan jadi lebih baik.
Variasi Penyebab Khusus ini
special karena ini adalah khusus sehingga dapat diidentifikasikan atau ditemukan
sebab mereka tidak selalu aktif dalam proses tetapi memiliki pengaruh yang
lebih kuat pada proses,. Pada hal lain Penyebab Acak
sulit untuk dilacak karena penyebab umum ini selalu melekat pada
sistem manajemen kualitas, untuk menghilangkannya kita harus menelusuri
elemen-elemen dalam sistem itu dan hanya pihak manajemen yang dapat
memperbaikinya, karena pihak manajemen yang mengendalikan sistem manajemen
kualitas tersebut
Variasi Penyebab Khusus dan Acak di
sekolah
Ketika banyak variasi dalam sekolahan
karena sebab khusus maka sistem akan tidak stabil dan tidak dapat diprediksi.
Dan itu hal normal melihat banyaknya siswa disekolah pada saat ini dan kita
tidak dapat menyalahkan murid. Proses sistem itu sendiri yang salah dan perlu
diperbaiki dan ditingkatkan.
Kita ambil masalha siswa di keluarkan.
Beberapa hal karena perbedaan natural antara beberapa siswa. Ada beberapa yang
kurang motivasi dan ketertarikan belajar. Dan ini akan terus berlangsung apapun
yang sekolah lakukan. Dan pengendalian mutu berarti kita mencari untuk
mengidentifikasi proses dengan sistem yang berkontribusi pada masalah dan
dengan sistemik meningkatkan prosesnya.
Sekarang banyak strategi pada sekolahan
yang menyalahkan guru dan murid. Jarang ada sistem untuk mengidentifikasi
bagaimana memperbaiki itu. Banyak yang memakai cara member hadiah yang diatas
rata – rata dan menghukum yang dibawahnya. Hal ini sangat menyedihkan akibat
tidak paham perbedaan acak dan variasi khusus pada sekolahan.
memang ada beberapa guru yang lebih baik
dari yang lain. Tapi yang terpenting adalha apa yang akan kamu lakukan.
Pimpinan yang paham akan perbedaan acak dan variasi khusus akan bertindak
secara bijaksana terhadap guru yang bekerja dibawah perform. Dia akan bertanya
kenapa guru itu menjadi berbeda. Mungkin guru sedang ada masalah yang
mempengaruhi kerjanya. Dan pimpinan akan mencoba membantu mengatasinya.
Pimpinan juga mampu mengangkat sampai performa tertinggi dengan alat yang lebih
baik dan latihan untuk semuanya.
cara membedakan kita mempunyai perbedaan
acak dan variasi penyebab khusus adalah sangat mudah yitu menggunakan diagram
yang akan dibahas dibab selanjutnya.
Keberatan untuk menggunaakan pengendalian
mutu di sekolahan
Banyak para pengajar atau kepala sekolah
yang keberatan dengan alasan mereka tidak bisa menerapkan karena “pabrik
menciptakan barang seperti mobil…dan sekolahan berurusan dengan manusia”. Ini
adalah alasan yang tidak masuk akal. Karena perusahaan juga berurusan dengan
manusia yaitu karyawan. Mulai dari pendidikan, kesehatan dan untuk menolong
orang untuk memenuhi targetnya.
Padahalbayak sekali kesamaan antara
perusahaan dan sekolahan. Contohnya ketika pengusaha bertemu pelanggan seperti
halnya ketika pihak sekolah bertemu dengan orang tua yang mau menyekolahkan
anaknya disitu. Untuk meningkatkan hubungan ini maka kami menolong dengan meningkatkan
kualitas siswa yang masuk dengan sistem ini.
Banyak pengajar yang takut dengan metode
yang fokus pada performa murid dan staf dan meningkatkan ketakutan akan
kegagalan dalam jalan yang panjang. Tap dai pengalaman membuktikan bahwa proses
yang panjang, penilaian pada kegiatan adalah searah dengan meningkatnya
performa. Contohnya artis dan atlet melihat nilainya untuk meningkatkan
performanya dengan level latihan sangat tinggi dan panjang. Bagaimanapun penendalian
mutu telah meningkatkan bernagaii industri di amerika menjadi industry yang
kompetitif yang bicara banyak di Internasional. Karena pada dasarnya
pengendalian mutu bukan hanya sekedar peniaian
Kualitas Penyimpanan : mengurangi biaya
untuk kualitas buruk
Kualitas rendah dalam pendidikan juga
membuang uang. Seperti siswa remidi dan biaya untuk membayar masyarakat agar
siswa mendapatkan kemampuan kerja. Banyak dari hal ini membayar karena
rendahnya kalitas dalam pembelajaran. sebenarnya banyak cara penghematan atau
pengefesienkan dana agar lebih bermanfaat denganberbagai peningkatan atau
inovasi.
Benchmarking
Benchmarking adalah salah satu cara yang
dapat digunakan sebagai alat untuk fasilitasi produk dan/atau proses perbaikan.
Benchmarking juga akan membantu mengindentifikasi siapa yang terbaik
kegiatannya pada area yang sejenis dan tindakan apa yang dapat diambil untuk
meningkatkan peformance. Pada bisnis dunia bechmarking adalah cara efektif dan
sering dipakai untuk meningkatkkan kualitas. Sekolah juga bisa mengadopsi hal
tersebut untuk upaya meningkatkan kualitas. Benchmarking adalah suatu proses
membandingkan dan mengukur suatu kegiatan perusahaan/organisasi terhadap proses
operasi yang terbaik di kelasnya sebagai inspirasi dalam meningkatkan kinerja
(performance) perusahaan/organisas Bagaimana sekolah cara menentukan kunci
atau rahasia sukses dari sekolah pesaing yang paling unggul, kemudian
mengadaptasikan dan memperbaikinya secara lebih balk untuk diterapkan, yang
akhirnya akan mengungguli pesaing yang dibenchmarking.. Tapi harus berhati –
hati ketika memilih rekan benchmarking karena tipenya sangat banyak sekali. Dan
diperjelas apa tujuan akhir yang ingin didapatkan dari benchmarking.
Langkah untuk benchmarking
Benchmarking bukan hanya sekedar
membandingkan tapi observasi dan menningkatkan mana yang mungkin dapat
ditingkatkan performa sekolah kita. Ada 9 langkah Benchmarking tapi agar lebih
ringkas saya buat jadi 6 yaitu:
1. Identifikasi
problem apa yang hendak dijadikan subyek. Bisa berupa proses, fungsi, output
dsb.
2. Identifikasi
industri/organisasi/lembaga yang memiliki aktifitas/usaha serupa. Sebagai
contoh, jika anda menginginkan mengendalikan turnover karyawan sukarela di
perusahaan, carilah perusahaan-perusahaan sejenis yang memiliki informasi
turnover karyawan sukarela.
3. Identifikasi
industri yang menjadi pemimpin/leader di bidang usaha serupa. Anda bisa melihat
didalam asosiasi industri, survey, customer, majalah finansial yang mana
industry yang menjadi top leader di bidang sejenis.
4. Lakukan survey
pada industri untuk pengukuran dan praktek yang dilakukan.Anda bisa menggunakan
survey kuantitatif atau kualitatif untuk mendapatkan data dan informasi yang
relevan sesuai problem yang diidentifikasi di langkah awal.
5. Kunjungi ’ best
practice’ perusahaan untuk mengidentifikasi area kunci praktek usaha. Beberapa
perusahaan biasanya rela bertukar informasi dalam suatu konsorsium dan membagi
hasilnya didalam konsorsium tersebut.
6. Implementasikan
praktek bisnis yang baru dan sudah diperbaiki prosesnya. Setelah mendapatkan
best practice perusahaan, dan mendapatkan metode/teknik cara pengelolaannya,
lakukan proyek peningkatan kinerja dan laksanakan program aksi untuk
implementasinya.
Peran baru dari pelanggan
Pembaruan terlihat sangat serius pada
pentingnya peran pelanggan. Potensi efek positif dari perusahaan bebas dan
kompetisis birokrasi dan sering terkepung sistem sekolah umum yang sangat kuat.
Juga adanya jenis baru sekolah pribadi yang menyampaikan pendidikan dalam betuk
baru akan menelkan sekolah umum untuk mmeningkatkan kualitasnya. Apalagi
sekarang orang dapat menyampaikan pembelajaran dirumah atau lokasi lain.
Sekarang komputer juga menolong uuntuk mengakses pembelajaran yang semua orang
bisa mendapatkan informasi yang dibutuhkan, sumberdaya yang dibutuhkan, lebih
cepat dan mudah. Yang paling penting pada perubahan ini sekarang para orangtua mempunyai
lebih banyak kesempatan untuk memilih produk pendidikan dan pelayanan yang
sesuai dengan kebutuhannya. Ini mengubah peran dari pelanggan dimana
membuatsebuah persoalan dalam bertahan untuk bisnis amerika. Ini akan menjadi
kritik untuk pendidikan.
Sekolah Maya
Sekolah Virtual. Virtual School, saat ini telah menjadi perbincangan
hangat di Guraru. laulu apa sesunggunya virtual school itu, bagaiamana
menngunakannya dan apa manfaat virtual school untuk pendidikan. Virtual School
adalah, Sebuah sekolah maya atau cyber-sekolah menggambarkan
sebuah institusi yang mengajarkan mata kuliah seluruhnya atau terutama melalui
metode online. Sekolah virtual adalah sebuah platform pembelajaran online yang
ditawarkan oleh sebuah organisasi pendidikan dimana individu dapat memperoleh
kredit di daerah tertentu yang menarik yang dapat dihitung terhadap kelulusan
atau kemajuan naik kelas.
Satu dari kunci perencanaan sekolah maya
adalah pengembangan yang mellibatkan teknologi untuk mendukung pembelajaran
dimanapun dan kapanpun. Berarti seseorang harus mengembangkan beberapa sistem
manajemen pembelajaran yang canggih. Yang menenuntut dan mendorong siswa untuk
mendisain rencana pembelajarannya sendiri . melalui manfaat pembelajaran
canggih dan software yang mendukung siswa dapat bertanggung jawab pada dirinya
pada tugas dari gurunya. Siswa dapat mengakses jariingan informasi canggih dan
mengumpulkan data pimpinan yang diminta kemudian menganalisa kekurangan siswa
pada bagian yang diminta. Kemudian sistem bisa mengikuti siswa untuk
memperbaiki kekurangan dengan metode pembelajaran yang tepat bagi siswa.
Mengukur kepuasan pelanggan melibatkan
proses yang ilmiah dan secara rutin daripada hanya survey yang dikirim dirumah
seperti yang terjadi sekarang . karena survey tidak dapat memenuhi mengukur
kepuasan pelanggan dalm pengendalian mutu karena tidak bisa mengerti kenapa
gagal dan kenapa bisa gagal. Mengukur kepuasan menggunakan survey dan quisoner
tapi berbeda hanya dengan dirancang untuk kepuasan pelanggan tertentu dan
kelompok grup tertentu. Jadi survey yang dilakukan dirancang dengan pertanyaan
yang mendetail tentang apakah yang dirasakan dari sekolahan.
Merkur 3D Merkur 3D merkur 4D Safety Razor
BalasHapus› › Merkur Safety Razors › › Merkur Safety Razors Merkur Heavy Duty Double Edge Safety Razor. Merkur - 10/2/2021 - 바카라 사이트 9/2/2021 - 11/2/2021 - Open Comb Double Edge Safety Razor (90 Manufacturer: 인카지노 Muhle, Germany Weight: 1.75 Pounds Rated: Grade: Gluten Free Rating: 4.7 13 reviews 메리트 카지노 주소 $62.50 In stock