Senin, 30 Maret 2015

DIFUSI DAN INOVASI PENDIDIKAN AGEN PERUBAHAN (THE CHANGE AGENT)



BAB I
PENDAHULUAN
A.    PENDAHULUAN
Sering kita mendengar kata perubahan (change) terutama ketika kita membahas hal-hal berkaitan dengan upaya organisasi memperbaharui diri dalam situasi mengahadapi perubahan di lingkungan strategi organisasi, dan setiap perubahan memerlukan orang/individu yang menjadi pemandu proses berjalannya perubahan yang terjadi dalam
suatu organisasi maupun dalam masyarakat, guna mencapai tujuan sebagaimana diharapkan.
Kehidupan merupakan sesuatu yang kompleks dan majemuk. Terdapat banyak hal dalam kehidupan yang bisa berubah tiba-tiba atau bahkan berubah dengan waktu yang lama. Perubahan akan selalu terjadi baik itu progesif atau regresif. Dalam kehidupan sosial, perubahan yang diharapkan tentu perubahan yang progesif, berkembang, dan berdaya guna. Berhubungan dengan inovasi, setiap inovasi adalah perubahan sosial, tapi setiap perubahan sosial belum tentu inovasi. Inovasi cangkupannya lebih sempit ketimbang dengan perubahan sosial. Inovasi merupakan perubahan yang progres dan diharapkan bisa berdaya guna, sedangkan perubahan sosial mencangkup perubahan yang baik maupun yang buruk.
Pengertian agen perubahan (The Change Agent) adalah individu atau seseorang yang bertugas mempengaruhi target/sasaran perubahan agar mereka mengambil keputusan sesuai dengan arah yang dikehendakinya. Agen perubahan menghubungkan antara sumber perubahan (Inovasi, Kebijakan Publik dll) dengan sistem masyarakat yang menjadi target perubahan. Dengan demikian komunikasi adalah alat strategi bagi tercapainya suatu perubahan dalam organisasi maupun sistem sosial dalam masyarakat.
Komunikasi adalah proses berbagi informasi dalam sistem sosial masyarakat yang menciptakan temuan (innovator) dengan target perubahan (kelompok masyarakat) dan atau proses berbagi informasi diantara sesama mereka agar mampu membangun situasi saling pengertian melalui penjelasan/pencerahan dalam menjalin hubungan antara agen perubahan dengan kelompok masyarakat yang menjadi target perubahan. Ada berbagai profesi yang mungkin akan menjadi agen perubahan yang efektif dalam organisasi atau masyarakat seperti pekerja sosial, consultant, widyaiswara, penjual barang & jasa (sales), pekerja kesehatan dan lain-lain. Dari berbagai profesi tersebut, dalam menjalankan perannya sebagai agen perubahan dengan cara memfasilitasi proses menyampaikan Inovasi dari sumber inovasi kepada para target dari inovasi itu.
Proses inovasi itu sendiri tak lepas kaitannya dengan pengusaha perubahan, agen perubahan, dan masyarakat. Kemajemukan masyarakat akan berdampak pada kesenjangan antara pengusaha perubahan dengan masyarakat. Kesenjangan tersebut yang dapat menghambat proses difusi inovasi itu sendiri.  Peran agen perubahan seperti jembatan antara pengusaha perubahan dengan masyarakat  dan seperti pelumas agar inovasi bisa berjalan dengan lancar. Inovasi bisa saja terhambat bahkan gagal tanpa adanya agen perubahan. Agen perubahan mampu memperdayakan sesama agar turut serta menikmati manfaat inovasi. Kedua kaki agen perubahan berpijak diantara pengusaha perubahan dengan masyarakat. Agen perubahan sangat urgen peranannya dalam inovasi. Karena itu perlu pembahasan lebih jauh mengenai agen perubahan itu sendiri.














BAB II
PEMBAHASAN
A.    Agen Perubahan sebagai Penghubung
Banyak perbedaan dalam memutuskan bersama definisi dari agen perubahan. Guru-guru, para konsultan, dokter umum, agen perluasan agrikultural, pekerja pengembangan, dan sales. Dari kesemua agen perubahan tersebut memberikan suatu hubungan komunikasi antara sebuah sistem sumber dari beberapa yang serupa dan sistem klien. Salah satu peran utama dari agen perubahan adalah memfasilitasi aliran/arus inovasi dari agen perubahan sampai kepada pendengar/audiens dari klien. Agar tipe komunikasi ini dapat efektif, inovasi harus diseleksi/dipilih agar cocok/sesuai dengan kebutuhan klien. Agar pertalian/hubungan dapat berjalan efektif, feedback/umpan balik dari sistem klien harus mengalir/mengarah sampai agen perubahan kepada perwakilan perubahan dengan begitu dapat diatur program yang cocok dengan kebutuhan klien.
Agen perubahan mungkin saja tidak dibutuhkan dalam difusi inovasi jika didalamnya tidak terdapat kemasyarakatan dan perbedaan teknis antara agen perubahan (change agency) dan sistem klien. Sistem agen (agency) perubahan biasanya terdiri/tersusun dari individu-individu yang memiliki derajat/tingkat yang tinggi dalam menghargai suatu difusi yang sedang didifusikan; agen perubahan secara personal mungkin dapat berupa Ph.D dalam bidang agrikultur, science, atau bidang-bidang teknik lainnya.
Pemimpin mereka (agen perubahan) mengetahui bahwa sulit bagi mereka untuk mengkomunikasikan secara langsung suatu inovasi dengan klien. Mereka berbeda (heterophily) dalam sub-kebudayaan bahasa, status sosio-ekonomi, kepercayaan dan nilai-nilai. Jurang pemisah heterophily ini dari kedua sisi antara agen perubahan membuat peran konflik dan masalah yang pasti dalam komunikasi. Sebagai jembatan/penengah dua sistem berbeda, agen perubahan adalah sebuah figur/bentuk yang marginal/terpinggirkan dalam masing-masing dari dua dunia.
Sebagai tambahan untuk menghadapi masalah marginalitas sosial; agen-agen sosial harus berhadapan dengan masalah-masalah dari kelebihan informasi (information overload), kondisi dari individu atau sistem dimana input komunikasi yang berlebihan tidak dapat diproses dan dimanfaatkan/digunakan dapat menuju kerusakan. Banyaknya volume informasi mengenai inovasi mengalir/berasal dari agen perubahan (change agency) mungkin dapat mengatasi kapasitas agen perubahan untuk memilih pesan yang paling relevan untuk sistem klien. Dengan pemahaman akan kebutuhan dari klien-klien, seorang agen perubahan dapat secara selektif mengubah mereka hanya menjadi informasi yang relevan.
Setiap inovasi adalah perubahan sosial, tetapi setiap perubahan sosial belum tentu inovasi. Everett M Rogers, agen perubahan (the chage agent) adalah orang yang bertugas mempengaruhi klien agar mau menerima inovasi sesuai dengan tujuan yang diinginkan oleh pengusaha perubahan (change agency). Pekerjaan ini mencakup berbagai macam pekerjaan seperti guru, konsultan, penyuluh kesehatan, penyuluh pertanian dan sebagainya. Semua agen perubahan bertugas membuat jalinan komunikasi antara pengusaha perubahan (sumber inovasi) dengan sistem klien (sasaran inovasi). Dalam kenyataannya pengusaha perubahan biasanya didirikan oleh orang-orang ahli atau berpendidikan tinggi dalam bidang inovasi yang sedang didifusikan (digabungkan), misalnya Doktor dalam pertanian, kesehatan, pendidikan, dan sebagainya. Oleh karena terdapat perbedaan pengetahuan yang sangat jauh dari klien, maka terjadi hambatan komunikasi. Bahkan mungkin antara pengusaha perubahan dengan klien bukan hanya heterophily dalam bidang teknik tetapi juga dalam bidang sosial-ekonomi, adat-istiadat, kepercayaan, dan sikap.
Agen perubahan justru menjalin hubungan dengan dua sistem inferensial (yang dapat disimpulkan) dengan kemungkinan keduanya heterophily yaitu hubungan dengan pengusaha perubahan dan juga dengan sistem klien. Dalam kamus besar bahasa Indonesia heterophily merupakan suatu keadaan gambaran derajat pasangan orang-orang yang berinteraksi dalam proses komunikasi yang berbeda-beda dalam sifati-sifat tertentu. Agen perubahan harus dapat mengatasi situasi tersebut dengan cara mengadakan seleksi informasi disesuaikan dengan masalah dan kebutuhan klien. Dengan memahami kebutuhan klien, agen klien dapat membatasi informasi yang disampaikan kepada klien, hanya yang relevan dengan kebutuhan.
B.     Urutan Peran Agen Perubahan
Dalam melaksanakan tugasnya agen perubahan mempunyai peran-peran. Ada tujuh peran agen perubahan yang dapat diidentifikasi dalam proses mengenalkan sebuah inovasi kepada suatu sistem klien.
1.      Membangkitkan kebutuhan untuk berubah
Seorang agen perubahan awalnya sering membantu klien menjadi sadar akan kebutuhan untuk merubah sikap/tingkah laku mereka. Dalam tujuan untuk memulai proses perubahan, agen perubahan mengusulkan alternatif baru dari masalah yang terjadi, menguraikan dengan baik dan jelas pentingnya masalah tersebut untuk diatasi, dan meyakinkan klien bahwa mereka mampu untuk menghadapi masalah tersebut. Agen perubahan menilai kebutuhan klien sangat penting pada tahap ini  dan juga mencoba membantu klien untuk mendapat kebutuhan yang lebih baik.
2.      Memantapkan hubungan pertukaran informasi
Ketika kebutuhan akan perubahan dibuat/diciptakan, seorang agen perubahan harus mengembangkan hubungan dengan kliennya. Agen perubahan dapat meningkatkan hubungan dengan klien dengan sikap dapat dipercaya (credible), kompeten, dan terpercaya (trustworthy) dan juga empati terhadap kebutuhan dan masalah klien. Klien harus menerima agen perubahan sebelum mereka akan menerima inovasi yang dipromosikannya. Inovasi dinilai pada dasar bagaimana agen perubahan itu dirasakan oleh klien.
3.      Mendiagnosa masalah yang dihadapi
Agen perubahan bertanggungjawab untuk menganalisis masalah para klien untuk menentukan mengapa alternatif yang ada tidak cocok dengan kebutuhan mereka. Dalam menuju kesimpulan analisis, agen perubahan harus melihat situasi dengan empatik dari sudut pandang klien. Disini agen perubahan akan mencoba untuk mengetahui masalah apa yang dihadapi klien dan mencoba menemukan inovasi yang paling tepat. Agen perubahan melihat masalah dengan kacamata klien, artinya kesimpulan diagnosa harus berdasarkan analisa situasi dan psikologi klien, bukan berdasarkan pandangan pribadi agen perubahan.
4.      Membangkitkan kemauan klien untuk berubah
Setelah agen perubahan mengeksplorasi menyelidiki bermacam-macam kesempatan dari tindakan yang dapat mengantarkan klien mencapai tujuan mereka, agen perubahan mencari cara agar mereka tertarik dengan inovasi. Namun, cara yang digunakan harus tetap berorientasi pada klien, artinya berpusat pada kebutuhan klien jangan terlalu menonjolkan inovasi (tersirat).
5.      Mewujudkan kemauan dalam perbuatan
Agen perubahan mencoba untuk mempengaruhi sikap klien dalam menyesuaikan saran/rekomendasi berdasarkan kebutuhan para klien. Jaringan interpersonal mempengaruhi dari pengamatan jarak dekat yang paling penting pada tahap persuasi dan keputusan dalam proses pengambilan keputusan inovasi. Agen perubahan dapat secara efektif menstabilkan perilaku baru di kalangan sistem klien melalui penguatan pesan kepada klien yang sudah mengadopsi. Komunikasi interpersonal akan lebih efektif kalau dilakukan antar teman yang dekat dan sangat bermanfaat kalau dimanfaatkan pada tahap persuasi dan tahap keputusan inovasi. Oleh kerena itu dalam hal tindakan agen perubahan yang paling tepat menggunakan pengaruh secara tidak langsung, yaitu dapat menggunakan pemuka masyarakat agar mengaktifkan kegiatan kelompok lain.
6.      Menjaga kestabilan penerimaan inovasi dan mencegah tidak berkelanjutannya inovasi
Agen perubahan mungkin secara efektif menstabilkan tingkah laku baru sampai menguatkan pesan kepada klien yang telah mengadopsi, dengan demikian seperti “membekukan” tingkah laku/sikap baru dari klien. Bantuan ini diberikan ketika seorang klien sedang berada pada tahap implementasi atau konfirmasi dalam proses keputusan inovasi.
7.      Mengakhiri hubungan ketergantungan
Tujuan akhir dari agen perubahan adalah untuk mengembangkan sikap memperbaharui diri (self-renewing) dalam bagian dari klien. Ketika perubahan telah terjadi pada klien dan dipandang telah stabil, maka seorang agen perubahan harus dapat menarik dirinya untuk keluar dari urusan dengan mengembangkan kemampuan klien untuk menjadi change agent bagi dirinya sendiri. Dengan kata lain, change agent berusaha untuk merubah sistem klien dari posisi mempercayai change agent menjadi mempercayai dirinya sendiri atau seseorang dari kalangan mereka sendiri.
C.    Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesuksesan Agen Perubahan
Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan agen perubahan, berkenaan dengan hal-hal sebagai berikut:
1.      Usaha Agen Perubahan
Sebagai indikator untuk mengetahui kegigihan (besarnya) usaha agen perubahan ialah: jumlah klien yang dihubungi untuk berkomunikasi, banyaknya waktu yang digunakan untuk berpartisipasi di desa (tempat tinggal) klien dibandingkan dengan waktu di kantor atau di rumah sendiri, banyaknya keaktifan yang dilakukan dalam proses difusi inovasi, ketepatan memilih waktu untuk berkomunikasi dengan klien dan sebagainya. Makin banyak jumlah klien yang dihubungi, makin banyak waktu yang digunakan di tempat tinggal klien, makin banyak keaktifan yang dilakukan dalam proses difusi dan makin tepat agen perubahan memilih waktu untuk berkomunikasi dengan klien, dikatakan makin gigih atau makin besar usaha klien untuk kontak dengan klien. Dari berbagai bukti dirumuskan generalisasi bahwa Keberhasilan agen perubahan berhubungan positif dengan besarnya usaha mengadakan kontak dengan klien.
2.    Pengusaha Perubahan Versus Orientasi pada klien
Sebagaimana telah kita ketahui posisi agen perubahan berada ditengah-tengah antara pengusaha perubahanan dan sistem klien. Agen perubahan harus mempertanggungjawabkan pekerjaannya kepada pengusaha perubahanan, tetapi dilain pihak ia juga harus bekerja bersama dan untuk memenuhi kepentingan klien. Agen perubahan akan mengalami kesukaran jika apa yang diminta oleh pengusaha perubahan tidak sesusai dengan kebutuhan klien. Namun demikian agen perubahan akan berhasil melaksanakan tugasnya jika ia mampu untuk mengambil kebijakan dengan lebih berorientasi pada klien. Agen perubahan harus menunjukan keakraban dengan klien, memperhatikan kebutuhan klien, sehingga memperoleh kepercayaan yang tinggi dari klien. Dengan dasar hubungan yang baik itu agen perubahan dapat mengambil kebijakan menyesuaikan kebutuhan klien dengan kemauan pengusaha Perubahanan. Tetapi jika agen perubahan tidak berorientasi pada pengusaha perubahanan, maka akan dianggap lawan oleh klien dan sama sekali tidak dapat mengadakan kontak atau komunikasi. Dari berbagai bukti hasil pengamatan dan penelitian dirumuskan generalisasi (9-2) “Keberhasilan agen perubahan berhubungan positif dengan orientasi pada klien dari pada orientasi pada pengusaha perubahanan”.
3.      Sesuai dengan kebutuhan klien
Salah satu tugas agen perubahan yang sangat penting dan sukar melaksanakannya ialah mendiagnosa kebutuhan klien. Banyak terbukti usaha difusi inovasi gagal karena tidak mendasarkan kebutuhan klien, tetapi lebih mengutamakan pada target inovasi sesuai kehendak pengusaha perubahanan. Sebagai contoh, disebuah desa suku Indian, mendapat dana dari pemerintah untuk membangun irigasi agar dapat meningkatkan hasil pertaniannya. Tetapi sangat dibutuhkan orang di desa itu tendon air untuk minum, karena mereka harus berjalan sejauh 3 km untuk mendapatkan air sungai. Maka akhirnya penduduk membangun waduk air bukan di sawah tetapi didekat desa dan menggunakan air itu untuk minum bukan untuk irigasi. (Rogers, 1983, hal 320). Dari berbagai bukti itu, dirumuskan generalisasi (9-3) “Keberhasilan agen perubahan berhubungan positif dengan kesesuaian program difusi dengan kebutuhan klien”.


4.      Empati dari Agen Perubahan
Seperti telah kita ketahui bahwa empati akan mempengaruhi efektifitas komunikasi. Komunikasi yang efektif akan mempercepat diterimanya inovasi. Generalisasi (9-4) “Keberhasilan agen perubahan berhubungan positif dengan empatik terhadapat klien”.
Perlu diperhatikan bahwa makin banyak perbedaan antara agen perubahan dengan klien makin sukar agen perubahan menunjukan empatik. Untuk mengatasi hal ini biasanya diadakan pemilihan calon agen perubahan dipilihkan orang yang mempunyai latar belakang kehidupan sesuai dengan klien dimana agen perubahan akan bekerja.
D.    Homophily dengan klien
Sebagaimana telah kita ketahui yang dimaksud dengan homophily ialah pasangan individu yang berinteraksi dengan mimiliki ciri-ciri atau karakteristik yang sama (sama bahasa, kepercayaan, adat istiadat dan sebagainya). Heterophily ialah pasangan individu yang berinteraksi dengan memiliki ciri-ciri atau karakteristik yang berbeda. Biasanya agen perubahan yang berbeda dengan klien lebih disegani, dan lebih suka mengadakan dengan klien yang memiliki persamaan dengan dia. Dari pernyataan umum ini melahirkan serangkaian generalisasi yang ditunjang dengan bukti-bukti berdasarkan pengalaman para ahli.
Generalisasi (9-5) “Kontak yang dilakukan agen perubahan berhubungan positif dengan status sosial antara klien‟.
Generalisasi (9-6) “Kontak yang dilakulkan agen perubahan berhubungan positif dengan besarnya partisipasi sosial antar klien”.
Generalisasi  (9-7) “Kontak yang dilakukan agen perubahan berhubungan positif dengan tingginya tingkat pendidikan antara klien‟.
Generalisasi  (9-8) “Kontak yang dilakukan agen perubahan, berhungan positif dengan sifat cosmopolitan antara klien. Generalisasi tersebut berdasarkan pemikiran bahwa kontak komunikasi antara agen perubahan dengan klien akan lebih efektif jika homophily‟.


1.      Kontak agen perubahan dengan klien yang berstatus lebih rendah
Sebenarnya klien yang kurang mampu ekonominya, rendah pendidikannya, harus mendapat lebih banyak bantuan dan bimbingan dari agen perubahan. Tetapi sesuai dengan prinsip homophily maka justru agen perubahan lebih banyak kontak dengan klien yang berstatus lebih tinggi baik pendidikan maupun ekonominya. Sehingga dapat timbul pendapat yang kurang benar dari agen perubahan yang menyatakan bahwa klien yang berstatus lebih rendah tidak termasuk tanggungjawabnya dalam pelaksanaan difusi inovasi. Jika ini terjadi maka akibatnya makin parah, karena makin terbuka kemungkinan klien yang berstatus lebih rendah tidak terjamah sama sekali oleh bantuan agen perubahan. Salah satu cara untuk mengatasi dengan jalan memilih perubahan yang sedapat mungkin sama dengan klien atau paling tidak mendekati, misalnya sama daerahnya, sama bahasanya, sama kepercayaannya dan sebagainya. Dengan dasar itu maka dirumuskan generalisasi (9-9) ‟Keberhasilan agen perubahan berhubungan positif dengan klien yang homophily‟.
Dalam pelaksanaan difusi inovasi sering diadakan latihan atau penataran agen perubahan. Dalam penataran atau latihan itu diberi petunjuk tentang cara pelaksanaan penyebaran inovasi dengan berbagai macam teknik yang dianggap relevan dengan klien. Tetapi tidak selalu menunjukan bahwa hasil latihan akan meningkatkan kemampuan dalam penampilan berkomunikasi dengan klien, bahkan makin tinggi jarak pengetahuan agen perubahan dengan klien. Jadi terjadi masalah hubungan agen perubahan dengan klien heterophily. Salah satu cara mengatasi ini dengan mengadakan pembantu profesional.
2.      Pembantu para-profesional
Pembantu para-profesional ialah orang yang bertugas membantu agen perubahan agar terjadi kontak dengan klien yang berstatus lebih rendah. Pembantu para-profesional dari segi pengetahuan tentang inovasi dan teknik penyebaran inovasi, kurang dari agen perubahan. Tetapi dengan mengangkat pembantu para-profesional ada keuntungannya yaitu biaya lebih rendah dapat kontak dengan klien yang berstatus lebih rendah dari agen perubahan, karena para pembantu para-profesional lebih dekat dengan klien (homophily).
3.      Kepercayaan klien terhadap agen perubahan (credibility)
Pembantu agen perubahan (aide) kurang memperoleh kepercayaan dari klien, jika ditinjau dari segi kompentensi profesional karena ia memang kurang profesional. Tetapi pembantu agen perubahan, memiliki kepercayaan dari klien karena adanya hubungan yang akrab sehingga tidak timbul kecurigaan. Klien percaya pada pembantu agen perubahan karena keyakinannya akan membawa kebaikan bagi dirinya, yang disebut: kepercayaan, keselamatan (savety, credibility). Pada umumnya agen perubahan (profesional dan hetrophily) memiliki kepercayaan kompetensi (competency credibility), sedangkan pembantu agen perubahan (tidak profesional dan homophily) memiliki kepercayaan keselamatan (savety, credibility). Seharusnya agen perubahan yang ideal harus memiliki kedua kepercayaan tersebut secara seimbang. Tetapi hal ini susah diperoleh, karena jika agen perubahan itu profesional berarti ia sarjana yang menguasai ilmu dan teknik, maka timbul perbedaan dengan klain yang berpendidikan rendah (heterophily).
Salah satu cara untuk mengatasinya yaitu dengan jalan mengangkat orang yang telah menerima dan menerapkan inovasi, sebagai pembantu agen perubahan mempengaruhi teman-temannya (anggota sistem klien yang lain) untuk menerima inovasi. Cara ini telah terbukti berhasil di India dalam difusi inovasi keluarga berencana dengan cara vasektomi. Pengusaha perubahan memberi upah kepada orang yang sudah melaksanakan vasektomi yang mau dijadikan Canvasser (membantu mencari pengikut KB). Ternyata canvasser di India ini memiliki keseimbangan antara kepercayaan kompetensi dan kepercayaan keselamatan. Ia dimata klien telah memiliki kopetensi karena telah berpengalaman manjalani operasi vasektomi. Canvasser juga memperoleh kepercayaan keselamatan, karena ia memiliki banyak persamaan dengan klien (homophily), sama dari status ekonomi lemah, sama tingkat pendidikannya, sama asal daerahnya, sama bahasanya dan sebagainya. Jadi Canvasser di India berhasil karena pembantu agen perubahan memiliki keseimbangan kepercayaan baik kompetensi maupun keselamatan, ditambah lagi biaya honor lebih murah dari pada agen perubahan yang profesional. Dengan pengalaman itu dirumuskan generalisasi (9-10) ‟Keberhasilan agen perubahan berhubung positif dengan kepercayaan (credibility) dari sudut pandang klien”.
4.      Profesional semu
Sebagaimana kita ketahui bahwa pembantu agen perubahan dapat memberikan beberapa keuntungan seperti biaya operasional rendah dan dapat menjembatani kesenjangan heterophily, namum tidak berarti bahwa agen perubahan lalu sama sekali tidak diperlukan. Agen perubahan tetap masih sangat dibutuhkan untuk menatar atau mamilih pembantu agen perubahan, engadakan super visi, dan juga membantu mencegah masalah yang tidak dapat diselesaikan oleh pembantu agen perubahan. Satu masalah yang sering dijumpai pembantu agen perubahan ialah timbulnya profesional semu yang terjadi karena pembantu agen perubahan bergaya seperti agen perubahan profesional. Ia memakai pakaian, cara bertindak, dan sebagainya yang menyamai tenaga agen perubahan profesional. Secara psikologis hal ini wajar, karena ia mengagumi kehebatan kopetensi profesional agen perubahan, sehingga berusaha meniru agar menambah wibawa. Tetapi sebenarnya yang diperoleh justru terbalik, karena dengan bergaya seperti tenaga profesional akan menghilangkan fungsinya untuk menjembatani kesenjangan heterophily. Biasanya jika pembantu agen perubahan menyadari adanya masalah profesional semu, mereka akan berusaha dan berhati-hati dalam bertindak sehingga terhindar dari hambatan terjadinya profesional semu tersebut.
E.     Pemimpin opini
Dimuka masyarakat atau sistem sosial sering terdapat orang yang pendapat-pendapatnya mudah diikuti oleh teman-teman sekelompoknya. Orang memiliki kemampuan untuk mempengaruhi perubahan pengetahuan, sikap, dan tingkah laku orang lain secara informal, dengan tujuan tertentu, disebut pemuka pendapat. Dari berbagai pengalaman dan pengamatan para ahli menunjukan bahwa banyak difusi inovasi berhasil dengan cara memanfaatkan pemuka pendapat yang ada didalam sistem sosial. Maka dirumuskan generalisasi (9-11) “Keberhasilan agen perubahan berhubungan positif dengan besarnya usaha untuk bekerja sama dengan pemuka pendapat”. Waktu bagi agen perubahan merupakan sumber yang sangat berharga. Dengan memusatkan komunikasi pada pemuka pendapat yang terdapat dalam sistem sosial, agen perubahan dapat mempercepat penerimaan inovasi. Usaha ini lebih ekonomis karena akan menghemat waktu.
Agen perubahan cukup berkomunikasi dengan beberapa orang pemuka pendapat, tidak perlu berkomunikasi dengan semua anggota sistem sosial satu persatu, juga banyak difusi inovasi yang menunjukkan jika pemuka pendapat telah menerima dan menerapkan inovasi akan segera diikuti oleh anggota sistem sosial yang lain, bahkan mungkin sukar untuk menghentikannya. Berdasarkan pengamatan dan pengalaman para ahli sering terjadi agen perubahan salah menunjuk inovator sebagai pemuka pendapat. Mungkin ciri-cirinya hampir sama, bahwa inovator mempunyai sifat-sifat lebih terbuka, lebih modern tapi belum tentu orang itu sebagai pemuka pendapat. Bedanya cukup jelas bahwa pemuka pendapat tingkah lakunya mudah diikuti oleh orang lain, sedangkan inovator hanya lebih dulu menerima inovasi. Jika agen perubahan lebih memusatkan kegiatan komunikasinya pada inovator dari pada pemuka pendapat, maka hasilnya akan tampak dapat meningkatkan kesadaran dan pengetahuan tentang inovasi, tetapi tidak banyak pengikutnya. Tingkah laku inovator tidak menjamin diikutinya oleh anggota klien pada umumnya.
Kesukaran lain yang sering dijumpai agen perubahan jika agen perubahan terlalu ketat dalam menentukan persyaratan untuk memilih pemuka pendapat dan kemudian perhatian hanya dipusatkan pada sekelompok pemuka pendapat tersebut, maka yang akan terjadi ialah pemuka pendapat itu menjadi lebih inovatif dan juga menjadi kelompoknya agen perubahan dari sudut pandang klien. Jika ini yang terjadi kasusnya sama dengan profesional semu, yang diperoleh justru merusak hubungan antara pemuka pendapat dengan pengikutnya dan juga ada kemungkinan agen perubahan tidak diperlukan lagi.
F.     Kemampuan klien untuk menilai inovasi
Salah satu keunikan agen perubahan dalam proses difusi inovasi, ialah memiliki kompetensi teknik, yang menyebabkan ia berwenang untuk bertindak sesuai dengan keahliannya dalamengaruhi klien untuk menerima inovasi. Tetapi jika agen perubahan melakukan pendekatan jangka panjang dalam mencapai tujuan inovasi, maka ia harus berusaha membangkitkan klien agar memiliki kemampuan teknik dan kemampuan menilai potensi inovasi yang dicapainya sendiri. Dengan kata lain agen perubahan harus berusaha menjadikan klien menjadi agen perubahan dirinya sendiri. Bahwa keberhasilan agen perubahan berhubungan positif dengan meningkatnya kemampuan klien untuk menilai inovasi. Tetapi pada umumnya agen perubahan hanya bekerja dalam jangka pendek, terutama untuk melancarkan proses kecepatan diterimanya inovasi. Kesadaran dan kemampuan memperbaharui diri dengan percaya kepada kemampuan sendiri menjadi tujuan dari pengusaha perubahanan, sedangkan seberapa kadar yang dapat dicapai tergantung pada usaha agen perubahan.
G.    Sistem Difusi Sentralisasi dan Desentralisasi
Sistem difusi yang telah berpuluh-puluh tahun digunakan ialah sistem difusi sentralisasi, yang sering disebut juga sistem difusi model klasik. Adapun ciri-ciri pokok sistem difusi sentralisasi ialah dengan adanya ide inovasi muncul dari para ahli yang kemudian disebarluaskan dalam bentuk paket yang seragam kepada anggota sistem sosial yang mungkin akan menerima atau menolak inovasi. Peranan klien dalam proses difusi sebagai penerima yang pasif. Sistem difusi sentralisasi ini pada mulanya dianggap telah berhasil dengan baik untuk menyebarluaskan inovasi di bidang pertanian. Para ahli pertanian yang menemukan suatu ide baru, kemudian ditentukan bagaimana cara penyebarannya, siapa yang menyebarkan, siapa sasaran utama untuk menerima ide baru tersebut, dan perencanaan lainya, semuanya ditentukan oleh sekelompok ahli.
Kemudian mulai 1970 Rogers menyadari bahwa sistem difusi sentaralisasi tidak dapat terlaksana persis seperti apa yang telah direncanakan oleh penemunya, tapi kenyataannya banyak terjadi modifikasi atau re-invensi dalam penerapannya di lapangan. Demikian pula Schon pada tahun 1971 mengatakan bahwa teori difusi jauh lebih tertinggal dari kenyataan timbulnya tantangan, perlu sistem difusi yang baru. Ia menyatakan bahwa sistem sentralisasi tidak dapat menampung munculnya ide-ide baru dari berbagai bidang yang sangat komplek, dan terjadinya difusi melalui jalur yang horizontal. Maka kemudian timbul sistem difusi desentralisasi yang ditandai dengan munculnya ide baru tidak dari seorang atau sekelompok ahli, tetapi dapat dari siapa saja dan juga proses penyebarannya diatur oleh calon penerima inovasi sendiri. Jadi sasaran inovasi juga berperan sebagai agen perubahan.
Perbandingan antara sistem difusi sentralisasi dan difusi desentralisasi, diuraikan secara singkat sebagai berikut. Analisa dari Buku Diffusion Of Inovation
No
Karakteristik sistem difusi
Sistem Difusi Sentralisasi
Sistem difusi Desentralisasi
1
Pemegang kekuasaan dan pengambil keputusan
Dipegang oleh pemerintah dan orang yang ahli
Pengambilan keputusan berdasarkan dari anggota. Banyak difusi yang bersifat spontan dan tidak terencana
2
Arah difusi
Bersifat top-down dari orang yang ahli kepada masyarakat/klien lokal
Dilakukan dengan unit lokal dan lewat jaringan horizontal
3
Sumber inovasi
Inovasi berasal dari orang-orang yang ahli (penelitian dan pengembangan)
Inovasi berasal dari pengalaman dan uji coba yang dilakukan oleh inovator lokal
4
Siapa yang memutuskan untuk mendifusikan inovasi
Keputusan mengenai bagaimana pendifusian inovasi dilakukan oleh pemerintah dan orang yang ahli
Unit lokal yang akan memutuskan berdasarkan evaluasi yang mereka lakukan terhadap inovasi
5
Seberapa penting kebutuhan klien dalam mendorong proses difusi
Inovasi berdasar pada perkembangan teknologi dan menekankan kebutuhan pada tersedianya inovasi
Inovasi dikembangkan berdasarkan masalah yang terjadi, berdasarkan kebutuhan yang ingin dipenuhi
6
Jumlah penemuan kembali
Penemuan lebih sedikit
Penemuan lebih banyak terjadi

1.      Sistem difusi sentralisasi
a.         Wewenang pengambil keputusan dan kebijakan, berada pada administrator pemerintah pusat dan para ahli bidang ilmu (technical subject-matter expert).
b.        Arah difusi dari pusat ke bawah (top-down), artinya dari para ahli (penemu inovasi) disebarkan ke para sasaran penerima inovasi di daerah.
c.         Sumber inovasi, dari organisasi formal “Penelitian dan Pengembangan” yang ditangani oleh para ahli.
d.        Penetapan difusi inovasi dilakukan oleh tenaga administrator di pusat dan para ahli di bidang ilmu.
e.         Pendekatan yang digunakan berorientasi pada inovasi, penentuan kebutuhan klien berdasarkan adanya inovasi, dengan teknik pelaksanaan didorong dari atas.
f.         Tidak banyak terjadi re-inversi serta modifikasi untuk disesuaikan dengan kondisi setempat selama dalam proses difusi inovasi.
2.      Sistem difusi desentralisasi 
a.         Keputusan dan kebijakan diambil secara bersama oleh anggota-anggota sistem difusi. Klien dikontrol oleh pimpinan masyarakat setempat.
b.        Arah difusi secara horizontal dari kelompok ke kelompok (peer diffusion).
c.         Sumber inovasi dating dari percobaan bukan mesti orang ahli dari wilayah setempat, yang juga sering jadi pemakainya.
d.        Penetapan difusi inovasi oleh kelompok masyarakat setempat (lokal) berdasarkan penilaian inovasi secara informal.
e.         Menggunakan pendekatan yang berorientasi kepada pemecahan masalah, yang timbul dari apa yang diamati dan dirasakan oleh masyarakat setempat, teknik pelaksanaan ditarik dari bawah.
f.          Banyak terjadi reinversi dan penyesuaian dengan kondisi setempat selama dalam proses difusi antar anggota sistem sosial.
Dalam pelaksanaan difusi inovasi tidak dapat dibedakan secara tegas mana yang Sentralisasi dan yang desentralisasi, biasanya mana yan lebih dominant dari ciri-ciri tersebut, sehingga difusi cenderung yang sentralisasi atau desentralisasi. Rogers menggambarkan rentangan difusi inovasi yang merupakan continuum dari desentralisasi ke sentralisasi.
Kelebihan dan kelemahan sistem difusi desentralisasi. Sistem difusi desentralisasi disamping memiliki kelebihan juga memiliki kelemahan jika dibandingkan dengan sistem sentralisasi. Adapun kelebihan sistem desentralisasi ialah bahwa difusi inovasi yang dilakukannya sesuai dengan kebutuhan klien. Hal ini terjadi karena klien sebagai pemakai juga turut ikut berpartisipasi dalam membuat berbagai keputusan, seperti masalah yang paling mendesak, bagaimana inovasi akan diterima, perlukah modifikasi atau re-invensi dilakukan untuk menyesuaikan dengan kondisi setempat, dan juga klien ikut mengontrol pelaksanaan difusi. Masalah kesenjangan klien agen perubahan heterophily tidak terjadi, atau kalau ada sangat kecil kemungkinannya. Motivasi untuk menerima inovasi datang dari klien sendiri, dan kemungkinan besar biaya operasional lebih murah, yang jelas tidak perlu biaya untuk memberi upah tenaga ahli. Dan juga pengembangan sikap percaya pada kemampuan sendiri terpupuk dalam difusi desentralisasi.



Kelemahan sistem difusi desentralisasi jika dibandingkan dengan sistem difusi sentralisasi antara lain:
1.        Jika inovasi yang akan disebarluaskan memerlukan tenaga ahli (sarjana bidang ilmu tertentu), maka sistem ilmu desentralisasi kurang tepat digunakan karena akan terjadi kesukaran mencari tenaga ahli.
2.        Sistem difusi desentralisasi yang dilaksanakan secara ekstrim memiliki kelemahan kurang adanya koordinasi, untuk menentukan mana masalah yang dihadapi, inovasi mana yang tepat digunakan, siapa yang mengontrol pelaksanaan difusi, dan sebagainya.Pada suatu saat kadang-kadang memang diperlukan menyebarkan inovasi yang klien tidak merasa\memerlukanya. Maka jika menggunakan sistem desentralisasi tidak akan terjadi difusi. Misalnya program KB di negara-negara berkembang seperti: Afrika, Amerika Latin, dan Asia, semuanya dengan sentralisasi. Kalau menggunakan desentralisasi maka tidak akan terjadi difusi, karena klien belum merasa perlu KB.
Dari uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa
1.      Sistem difusi desentralisasi lebih tepat digunakan untuk menyebarkan inovasi  yang tidak melibatkan tenaga ahli tingkat tinggi dan sasaran perubahan heterogen. Jika sasaran perubahannya homogen secara relatif lebih tepat dengan sistem sentralisasi.
2.      Dapat juga dillakukan kombinasi antar beberapa unsure sistem desentralisasi dan sistem sentralisasi. Misalnya untuk koordinasi kegiatan menggunakan sistem sentralisasi, tetapi untuk menentukan mana inovasi yang akan didifusikan berdasarkan kebutuhan dengan sistem desentralisasi.







BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN
A.    Kesimpulan
Setiap inovasi adalah perubahan sosial, tetapi setiap perubahan sosial belum tentu inovasi. Everett M Rogers, Agen perubahan (the chage agent) adalah orang yang bertugas mempengaruhi klien agar mau menerima inovasi sesuai dengan tujuan yang diinginkan oleh pengusaha perubahanan (change agency). Peran agen perubahan seperti jembatan antara pengusaha perubahan dengan masyarakat  dan seperti pelumas agar inovasi bisa berjalan dengan lancar. Inovasi bisa saja terhambat bahkan gagal tanpa adanya agen perubahan. Proaktif dan outstanding result, itulah seharusnya agen perubahan. Orang yang proaktif adalah orang yang memiliki kepekaan dan inisiatif yang tinggi terhadap sesuatu masalah. Asal hal tersebut mengacu kepada kebenaran dan kemajuan. Pribadi yang bisa bekerja melebihi target yang ditetapkan. Itulah pribadi yang outstanding result. Kedua kaki agen perubahan berpijak diantara pengusaha perubahan dengan masyarakat.
Seorang agen perubahan adalah seorang individu yang mempengaruhi keputusan inovasi klien yang arah dianggap diinginkan oleh agen perubahan. Perubahan agen menghadapi dua masalah utama: (1) keterpinggiran sosial mereka, karena posisi mereka berada di tengah-tengah antara agen perubahan dan sistem klien, dan (2) informasi yang berlebihan, keadaan seseorang atau suatu sistern di mana input komunikasi berlebihan tidak dapat diproses dan digunakan, menyebabkan kerusakan. Tujuh peran agen perubahan adalah:
1.      Membangkitkan kebutuhan untuk berubah
2.      Memantapkan hubungan pertukaran informasi
3.      Mendiagnosa masalah yang dihadapi
4.      Membangkitkan kemauan klien untuk berubah
5.         Mewujudkan kemauan dalam perbuatan
6.         Menjaga kestabilan penerimaan inovasi dan mencegah tidak berkelanjutannya inovasi
7.         Mengakhiri hubungan ketergantungan
Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi agen perubahan, yaitu sebagai berikut:
1.      Usaha Agen Perubahan
2.      Pengusaha Perubahan Versus Orientasi pada klien
3.      Sesuai dengan kebutuhan klien
4.      Empati dari Agen Perubahan
5.      Homophily dengan klien
6.      Kontak agen perubahan dengan klien yang berstatus lebih rendah
7.      Pembantu para-profesional
8.      Kepercayaan klien terhadap agen perubahan (credibility)
9.      Profesional semu
10.  Pemimpin opini
11.  Kemampuan klien untuk menilai inovasi
Sistem difusi sentralisasi memiliki ciri ide inovasi muncul dari para ahli yang kemudian disebarkan dengan bentuk paket yang seragam, klien tinggal menerima atau menolak inovasi sedangkan sistem difusi disentralisasi dengan ciri ide munculnya inovasi dari siapa saja dan proses penyebarannya diatur oleh calon penerima inovasi.
Sistem difusi sentralisasi difusi desentralisasi lebih tepat digunakan untuk menyebarkan inovasi yang tidak melibatkan tenaga ahli tingkat tinggi dan sasaran perubahan heterogen. Jika sasaran perubahannya homogen secara relatif lebih tepat dengan sistem sentralisasi. Dapat juga dillakukan kombinasi antar beberapa unsur sistem desentralisasi dan sistem sentralisasi. Misalnya untuk koordinasi kegiatan menggunakan sistem sentralisasi, tetapi untuk menentukan mana inovasi yang kan didifusikan berdasarkan kebutuhan dengan sistem desentralisasi.






DAFTAR PUSTAKA

Ibrahim. (1988). Inovasi pendidikan. Jakarta: Depdikbud Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.

Rogers, E. M. (1983). Diffusion of innovation. New York: The Free Press.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sialahkan Ungkapkan Perasaan Kalian